Sebuah Untaian Kidung Natal – untuk PS SATB


Sejak lama saya terobsesi membuatkan versi koor dari komposisi/aransemen musik orkestra berjudul “A Christmas Festival” oleh Leroy Anderson. Komposisi ini merupakan medley dari beberapa lagu bertema Natal.

Maka, puji Tuhan, jadilah aransemen adaptasi ini. Musik diaransemen dari proses by-ear transcription (bukan transkripsi visual dari partitur asli), dan juga meliputi penyesuaian urutan lagu (ada yang dihilangkan) dan mengadaptasi aransemen ke dalam format orkestra yang lebih kecil.

Sebagai referensi, Anda bisa menyimak video pratinjau aransemen saya berikut ini.

Partitur SATB (hanya not angka) dapat diperoleh di sini:
Partitur “Sebuah Untaian Kidung Natal (SATB)” – PDF

Mohon maaf, saya belum/tidak sempat membuatkan partitur iringannya.

Semoga berguna bagi perayaan Natal Saudara-saudari sekalian.
Berkah Dalem Gusti Yesus.

16 tanggapan untuk “Sebuah Untaian Kidung Natal – untuk PS SATB

  1. Shallom…. Saya sangat diberkati dg materi di blog ini.. Mohon info bagaimana utk bisa mendapatkan materi partitur dan musik utk paduan suara dari kak Henry

    Kami di kota kecil, jadi utk latihan paduan suara selalu kekurangan SDM dan bahan latihan

    Mohon info ya bagaimana caranya ikut membership yg berbayar, kiranya Tuhan memberkati pelayanan kak Henry

    1. Shalloom..

      Membership berbayar itu tidak ada. Paling2 jika ada lagu ciptaan atau aransemen saya yang berbayar, barulah klien atau Anda harus membayar untuk mendapatkannya. Selama ini, apa yang saya sajikan di sini kebanyakan atau hampir semuanya gratis. Jadi, silahkan diunduh dan dipergunakan.

      Jika memang ingin “memesan” aransemen lagu dengan cara berbayar, bisa saja, dengan cara menghubungi saya terlebih dahulu di nomor telepon atau WA saya: https://wa.me/6285643202344

  2. Terima kasih partitur Natalnya. Semoga hanya Tuhan Yesus Kristus saja yang NamaNYA semakin dimuliakan. Mintardi
    Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  3. lagu ini ada midinya Mas?

    Thanks,Adhy

    PT. MALINO NIRWANA TRANSInternational & Domestic Freight Forwarder JL. TELAGA UTAMA NO.51, TAMAN KHAYANGANTANJUNG BUNGA – MAKASSAR 90224SULAWESI SELATAN – INDONESIA TELP              : 0411-839178FAX                : 0411-839164Phone/Wa      : 081355733353 Bbm              : 576E96Email : adriano_malinomks@yahoo.com

    1. Maaf, untuk saat ini, tidak ada MIDI-nya. Kalau memang ingin menggunakan minus-one, bisa pakai orkestrasi aransemen saya ini dalam bentuk WAV/MP3.

      1. Mohon maaf sebelumnya, mungkin saya salah dalam perkataan.
        Memang bisa menggunakan WAV/MP3 minus-one tsb, karena toh memang saya yg bikin sendiri.
        Namun, sekali lagi saya mohon maaf, saya tidak ada niat untuk membagikannya kepada siapapun. Untuk membuat aransemen ini, sebenarnya aransemen orkestrasinya telah ada terlebih dahulu, dan prosesnya sangat menyita waktu saya. Pun begitu ketika membuat aransemen SATB-nya. Jadi, daripada saya membagikan orkestrasinya (dlm bentuk file audio) dengan BERBAYAR, lebih baik tidak saya bagikan kepada siapapun.
        Mohon maaf.

      2. Baik mas, terima kasih untuk arahannya, saya juga mohon maaf jika ada kata” saya kurang berkenan,
        Klo saya pribadi boleh menilai, komposisi SATB dan Iringan orchestra ini sangat luar biasa, dan sangat berkelas, mungkin klo saya pribadi bikin butuh waktu skitar stengah tahun😅, beda dengan mas Hendri yang rasa Musikalitasnya tinggi serta konsisten. Saya pribadi sangat bangga dengan pencapaian mas Henri terkait lagu ini, dan mohon maaf skali lagi “jika harus jujur” (kaya judul lagu😁) sebenarnya saya tidak keberatan jika harus membeli iringan untuk hasil karya ini, suatu kebanggaan tersendiri bagi saya.

      3. Terima kasih atas pengertian bang Adrian. Teman2 saya pun heran dengan saya, ketika saya katakan perasaan saya terkait lagu ini, mengapa sampai2 saya tidak mau berbagi iringannya walaupun harus berbayar. Saya hanya ingin konsisten pada maksud blog ini, yaitu berbagi secara free/gratis.
        Segera setelah kesibukan saya mereda, saya akan adaptasi orkestranya menjadi iringan piano/organ dan partiturnya akan saya bagikan secara gratis. Silahkan dicoba. Saya akan usahakan utk menyelesaikannya sampai max 2-3 hari mendatang.

        Namun, jika bang Adrian tetap sangat2 berkeinginan utk memiliki minus-one orkestral-nya, silahkan hubungi saya kembali.

        Terima kasih.

  4. Terima kasih atas kiriman lagu Natal. Kiranya hanya Kristus Sang pemilik kehidupan yg kita peringati kelahirannya di bulan ini semakin di muliakan.

Tinggalkan komentar